Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Senin, 10 September 2018

Peristiwa Penting yang Terjadi Pada 10 September

AddMimin
Image

Hari ini tepatnya berpuluh puluh tahun yang lalu, telah terjadi berbagai peristiwa penting yang masuk kedalam sejarah. Nah peristiwa besar apa saja sih yang pernah terjadi pada tanggal 10 September, yuk kita lihat.

Berikut adalah momen penting yang terjadi tepat 10 September :

1. Guinea-Bissau Lepas dari Portugis.
     Negara ini terletak di benua Afrika. Yang dulunya pernah menjadi bagian dari Kerajaan Mali yang akhirnya menjadi daerah kekuasaan Portugal. Dan akhirnya negara ini mereka pada 24 September 1963 namun itu hanyalah deklarasi sepihak dari Guinea-Bissau. Tapi akhirnya negara ini benar-benar merdeka pada tanggal 10 September 1974 setelah berperang selama 11 tahun.

2. Pasukan pembebasan Palestina Terbentuk
     Hari ini tepatnya di tahun 1964, Pasukan Pembebasan Palestina (PLA) resmi terbentuk. PLA adalah pasukan yang merupakan organisasi yang dibentuk untuk melawan gempuran Israel. Pasukan ini dibentuk setelah pertemuan negara-negara anggota Liga Arab tahun 1964. Tetapi akhirnya PLA membelot dibawah kepemimpinan Yasser Arafet.

3. Swiss menjadi anggota PBB dan tetap mempertahankan Netralitasnya
    Swiss bergabung menjadi anggota PBB di tahun 2002 dan Swiss tidak akan mencampuri urusan negara lainnya. Swiss juga tidak akan memihak pada kubu manapun dalam konteks hubungan internasional. Karena sejak kekalahan di tahun 1515 dari perancis akhirnya dia menjadi netral dmei keamanan negrinya.

4. Hamida Djandoubi jadi orang terakhir yang dihukum di Guillotine
    Seorang imigran dari Tunisia yang menjadi pelaku penculikan, penyiksaan, dan pembunuhan pada seorang gadis 22 tahun bernama Elisabeth Bousquet. Yang terjadi pada tahun 1977, ironisnya ia membunuh kekasihnya sendiri. Akhirnya ia mendapat hukuman mati dengan cara kepala dipenggal melalui Guillotine, yang merupakan alat hukum mati berupa tiang deengan bilah pisau besar diatasnya. Kepala orang yang akan dieksekusi akan dikunci di bagian bawah sebelum akhirnya bilah piasu besar itu dijatuhkan dan memenggal kepala korban.

5. Warga Jerman Timur Hijrah
    10 September 1989 tercatat sebagai waktu diamna warga jerman timur berhijrah meninggalkan negera tetangga mereka yakni Hungaria, Cekolovakia, dan Polandia. Ini disebabkan karena Jerman Timur kala itu merupakan satelit Uni Soviet sangat memprihatinkan secara ekonomi. Ideologi komunisme di tiga negara tersebut tidak laku dan mendapat pertentangan sehingga negara tersebt tidak dapat dikuasai Soviet.


Sumber : akurat.co

AddMimin / Author & Editor

Haiiii.. Yuk dibaca artikelnya

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Distributed By Gooyaabi Templates