Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Senin, 10 September 2018

Mengenal Jack Ma Lebih Dekat

AddMimin
Image

Jack Ma, berasal dari keluarga keluarga musisi dan pencerita di Hangzhou, Tiongkok. Ia lahir pada era komunisme yang kaku sehingga membuat jack terbiasa dengan kehidupan yang keras.Walau begitu Jack tetap hidup hidup normal seperti anak-anak biasnya di Hangzhou, sekitar 250 km di sebelah barat Shanghai. Hangzhou pun dikenal sebagai kota kebudayaan dengan kehadiran turis asing.

Tak hanya itu, Jack juga pernah merasakan hidup pahit di masa Revolusi Kebudayaan dan juga telah mengalami berbagai kegagalan, namun Ma kembali bangkit dengan membangun situs Alibaba yang membuatnya menjadi orang terkaya nomor dua di China. 

Ia mengatakan kepada CNN Money bahwa kehidupan yang ia jalani sudah seperti film-film di Hollywood.

"Saya menjalani hidup yang pahit, saya juga bukan dari keluarga yang berada dan berkuasa," tambah Jack seperti yang dilansir dari CNN Money, pada Minggu (9/9).

Pendidikan

Memasuki masa sekolah, Jack perlu berkali-kali mengikuti tes kelulusan karena tidak hebat secara akademis saat ia duduk di bangku SD hingga SMA. Bahkan ia pernah hgagal masuk universitas ternama, ia kuliah setara program D-3 di Sastra Inggris Hangzhou Normal University yang kemudian ia lulus di tahun 1988.

Dan ketika KFC membuka cabangnya di Hangzhou, ia pun ikut melamar. Dari sekitar 24 orang pelamar, hanya dia yang gagal. Ia juga pernah gagal menjadi polisi.

Kata-kata motivasi yang membuatnya bangkit yaitu " Kegagalan menjadi bagian perjalanan hidup saya".

Kemudian dari situ ia mengajar dan membuka kursus bahasa inggris di Hangzhou yang dimana saat itu para murid senang dengan cara mengajar Jack.

Jack kemudian memperdalam kemampuan berbahasa inggrisnya sebagai pemandu gratis bagi turis. Ia menghampiri hotel yang ramai turisnya dengan menggunakan sepeda guna mempraktikkan ilmunya. Dari sini, ia memiliki teman pena yang sangat kesulitan untuk menghafalkan nama Ma Yun sehingga kemudian memanggilnya Jack.

Ditahun 1995, karena kemampuan berbahasa inggrisnya, Jack diberi kesempatan berkunjung ke Amerika Serikat untuk membantu mengumpulakan utang yang dimiliki seorang pengusaha Amerika kepada perusahaan China. Dan kemalangan kembali endatangi Ma, ia mengatakan bahwa pria tersebut memiliki pistol dan menahannya di sebuah rumah malibu selama 2 hari, yang akhirnya kemudian ia bisa melarikan diri setelah menjanjikan pengusaha tersebt akan menjadi mitra dalam usaha internet.

Setelah kejadian itu, Ma kembali ke China, yang saat itu internet masih belum diketahui oleh banyak orang.

"Pada hari kami terhubung ke web, saya mengundang teman-teman dan orang-orang TV ke rumah saya, Kami bercengkrama selama tiga setengah jam membahas internet tersebut, kami minum, memonton TV dan bermain kartu, melalui itu saya sangat bangga. Saya membuktikan internet itu ada," Ucap Ma. 

Dari situ kemudian Jack bekerja menawarkan jasa pemasaran produk Tiongkok lewat internet di Kementrian Luar Negeri. Ia pun mundur karena menurutnya ia bukan tipe pegawai negeri dengan birokrasi berbelit-belit.

Membangun Alibaba

Suatu hari ia meminjam beberapa ribu dolar untuk meluncurkan China Pages, salah satu situs komersial pertama di negara itu. Tapi usaha itu gagal, dnegan menghiraukan kegagalan, Ma kemudian bangkit dengan mengumpulkan sekitar USD60.000 dari teman dan para investor untuk mendirikan Alibaba.com sebagai pasar bisnis-ke-bisnis pada tahun 1999. 

Akhirnya itu menarik dukungan dari raksasa seperti Goldman Sachs (GS) dan SoftBank (SFTBF). Perusahaan yang selamat dari kecelakaan dot-com pada tahun 2000, dan beberapa tahun kemudian Alibaba pun mulai menghasilkan keuntungan. Ma menjelaskan bahwa inspirasi ia membangun Alibaba yaitu berasal dari situs toko online terbesar di dunia, Amazon. Sementara itu ia belajar dari sirus lelang e-Bay, ia mendirikan Taobao. Menurutnya, pengaruh Gogle juga menginspirasinya menciptakan mesin pencari berbahasa Mandarin.

Jack juga pernah menawarkan jasa Alibaba kepada perusahaan mapan untuk jual beli produk, akan tetapi ia malah ditertawakan. Lantas ia menengok banyak perusahaan skala menegah dan kecil yang tidak punya kesempatan mengikuti pameran nasional. Akhirnya kalangan ini menyambut Jack meski awalnya semua jasa gratis. 

Situs Alibaba diam-diam membuat banyak orang beruntung

Menurut salah satu karyawan alibaba, ia pernah makan dengan gratis di salah satu restauran di AS karena telah dibayari oleh sebuah perusahaan yang berhasil menjual produk karena Alibaba. Kemudian tahun semakin berganti, dan kini Alibaba berhasil mengumpulkan juataan lebih banyak pelanggan dan dikreditkan dengan membantu mengubah masyarakat china dengan menciptakan lapangan kerja baru.

Pengunduran diri Jack Ma sebelumnya pernah dilakukan

Pernah dikatakan Jack Ma mengundurkan diri sebegai CEO pada tahun 2013 lalu, mempertahankan peran sebagai ketua eksekutif. Daniel Zhang adalah CEI saat ini. Akan tetapi menurut Clark seorang biografer, mengatakan bahwa ia tidak berpikir Ma akan sepenuhnya memutuskan hubungan dnegan perusahaan.

Ma mengatakan kepada Bloomberg TV bahwa awal pekan nanti ia ingin kembali mengajar bahasa inggris suatu hari nanti. Dan ia juga mengatakan ingin mengikuti jejak pendiri Microsoft dan sesama miliarder Bill Gates, tyang telah berjanji untuk memberikan setidaknya setengah dari kekayaannya selamam masa hidupnya untuk fokus kepada Jack Ma Foundation, yang merupakan sebuah badan amal guna meningkatkan pendidikan, lingkungan, dan Kesehatan masyarakat.


Sumber : akurat.co

AddMimin / Author & Editor

Haiiii.. Yuk dibaca artikelnya

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Distributed By Gooyaabi Templates