Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Kamis, 28 Februari 2019

Telah Booming di Luar Negeri, Wisata Halal Justru Ditolak di Bali

AddMimin
Hasil gambar untuk halal taiwan
Ilustrasi wisata halal yang ada di Taiwan | Arabian Gazette

Berita kali ini datang dari Ketua Tim Gubernur Bidang Pengelolaan Pesisir Marco Kusumawijaya yang menilai, bahwa jika konsep Wisata Halal yang diusung oleh calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno merupakan sesuatu yang wajar dan tidak menyimpang.

Ia juga memberi contoh, konsep Wisata Halal juga sudah diterapkan terletak di tiga negara, Korea Selatan, Jepang, dan Taiwan. Adanya konsep Wisata Halal, justru tidak akan mengubah budayanya.

"Wisata Halal itu kini booming di Korea Selatan, Jepang (dan Taiwan juga kalau gak salah). Bagi non-muslim macam saya juga menyenangkan menemukan makanan Halal di Korea Selatan atau Jepang, kalau lagi kangen makanan non-babi, misalnya. Yang anggap itu negatif mungkin kurang piknik," cuit akun Twitter @mkusumawijaya, Kamis (28/2/2019).

Seperti yang telah diketahui, konsep Wisata Halal yang diusulkan oleh Sandiaga ditolak oleh masyarakat Bali ketika dalam kunjungan atau blusukannya di sana. Karena masyarakat di sana menilai, jika Pulau Dewata tersebut lebih menonjolkan budayanya yang sudah melekat sejak dulu.

"Tapi akhirnya terserah orang Bali sendiri: mau/tidak didatangi turis dari daerah mana dengan kebiasaan seperti apa?," ucapnya.

Meski usulnya telah ditolak, dirinya justru kembali mempertanyakan pemerintahan pusat yang seolah-olah membatasi program ke tiap daerah sehingga program baru tidak dapat diterima di sana.

"Yang menarik bagi saya adalah pertanyaan: seberapa jauh pemerintah (nasional) boleh memaksakan program ke daerah? Yang heran misalnya jarang sekali kepala daerah Papua sendiri yang bicara tentang pembangunan di Papua. Yang saya lihat/baca hanya dari presiden. Mengapa?," tanya dia.



Sumber: akurat.co  

AddMimin / Author & Editor

Haiiii.. Yuk dibaca artikelnya

1 komentar:

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Distributed By Gooyaabi Templates