Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Minggu, 10 November 2019

Achmad Baiquni Kembali Pimpin BNI, Ini Profilnya

AddMimin
Related image
finansial.bisnis.com

Direktur Utama Bank Negara Indonesia (BNI) kini dipimpin oleh Achmad Baiquni. Dimana saat itu Baiquni dipilih melalui Rapat Umum Pemegang Saham yang kemudian ia menggantikan posisi Gatot M Suwondo. Pada saat itu, RUPS BNI dan BRI merombak hampir sebagian besar manajemen, baik di jajaran komisaris maupun direksi.

Tak langsung menjadi Direktur Utama, Achmad Baiquni pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sejak 20 Mei 2010. Berdasarkan RUPS tanggal 17 Maret 2015, ia diangkat sebagai Direktur Utama BNI dan mendapat persetujuan dari OJK pada 16 April 2015. 

Pada tahun 2009, BNI yang dipimpin oleh Achmad Baiquni sudah mengucurkan kredit usaha rakyat sebesar Rp 26,1 miliar dengan tujuan untuk membentuk keseriusan bank memberdayakan ekonomi masyarakat di Nanggroe Aceh Darussalam dan juga memaksimalkan KURS di NTB.

Sebelum mendapatkan jabatan itu semua, Baiquni yang mendapat julukan 'Bankir Bertangan Dingin' ini telah meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Padjadjaran, Bandung pada tahun 1982. Baiquni bahkan juga sudah meraih gelar Master of Business Management dari Asian Institute of Management, Makati, Phillipina pada tahun 1992.

Pria kelahiran 1 Januari 1957 ini juga ternyata termasuk kedalam anggota kepengurusan MES (Masyarakat Ekonomi Syariah). Dan bahkan kemampuannya mengelola bank, juga terus diasahnya dengan mengikuti berbagai kegiatan seminar dan pelatihan khusus seperti Risk Management in Retail Banking yang diadakan oleh BSMR di Belanda. Executive Training for Director yang diadakan oleh The Wharton School of The University of Pennsylvania  di Amerika Serikat. Bank Indonesia’s Executive Risk Management Certification yang digelar oleh BSMR  di Singapura. Retail Banking Conference yang diadakan oleh LAFERTY di Singapura. Asian Bankers Surveyor Programme yang digelar oleh Bank of New York di New York, Amerika Serikat dan beberapa lainnya.

Semua itu dilakukan Baiquni demi kemampuannya yang ia rasa belum cukup. Dimana Baiquni juga pernah mengikuti Discovery and Dream Workshop dalam rangka penyusunan Corporate Plan BNI 2019-2023 yang diselenggarakan oleh BNI dan MC Kinsey. Compliance Forum Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme di Sektor Jasa Keuangan yang diselenggarakan BNI. Manajemen Risiko level 5 pada Program Eksekutif yang diselenggarakan oleh Badan Sertifikasi Manajemen Risiko (BSMR)

Sumber: Wikipedia.org 

AddMimin / Author & Editor

Haiiii.. Yuk dibaca artikelnya

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Distributed By Gooyaabi Templates